Sebanyak 40 Operator Website Gampong Di Kabupaten Bireuen Mengikuti Pelatihan Jurnalistik Desa Detail

Pelatihan Jurnalistik Dasar & Pengelola Website Gampong

Kamis, 24 Februari 2022


BIREUEN || Monjambee.gampong.id - Sebanyak 40 Pengelola Website Gampong.ID di Kabupaten Bireuen mengikuti pembekalan pelatihan Jurnalistik Desa , pelatihan Jurnalistik ini berlangsung selama tiga hari mulai Selasa (22/2/2022)

Acara pembekalan Jurnalistik untuk pengelola Website ini berlangsung di Aula Hotel Luxury Kabupaten Bireuen dan acara ini diselenggatakan oleh  Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominsa) Aceh bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Bireuen.

Hari pertama Pembekalan jurnalistik dibuka oleh Kadis Kominfo Bireuen Zubair SH, Menurut Zubair Dengan adanya sistem Digital website Gampong ini potensi dari Desa Masing-masing Desa dapat mangangkatkan potensi yang ada di Desa melalui Website Gampong ini.

 

''Banyak sekali potensi dari gampong yang perlu dipromosikan ke publik contohnya seperti Kuliner,wisata dan lain sebagainya, ini dapat dipromosikan melalui  website Gampong  ini, Sehingga potensi-potensi tersebut akan diketahui banyak orang bahkan keluar negri sekalipun'', Ujar Zubair.

Pelatihan jurnalistik ini menghadirkan beberapa narasumber atau pemateri, diantaranya pembekalan ini dibekalai atau di berikan oleh wartawan senior di Aceh yaitu Imran Joni (Pimpinan Umum Harian Rakyat Aceh), Iranda Novandi (owner sekaligus Pemred halaman7.com) dan lisa mutia. Para wartawan senior tersebut memberikan materi jurnalistik dasar diantaranya tentang UU No 40/1999 tentang pers dan Kode Etik Jurnalistik, ide berita, penyunting naskah dan pembuatan berita secara baik dan benar.

Sebelumnya 40 dari 609 Operator  Website Gampong dikabupaten Bireuen terpilih sebagai Operator aktif pengelola Website gampong di Kabupaten Bireuen, 40 operator aktif ini di nilai dan di pilih oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Persediaan Aceh, Operator Website ini berasal dari Gampong pengelola website masing-masing, Salah satunya Operator dari Gampong Mon Jambee Hafiz, dia mengatakan pelatihan ini sangat diperlukan untuk memajukan desa masing-masing melalui media digital.

''Pelatihan Jurnalistik dasar ini sangat  berguna bagi setiap operator website yang hadir disini, dan ini juga sangat berguna untuk memajukan keunggulan dari gampong tersebut melalui media website digital gampong.ID ini'', Ujar Hafiz salah satu peserta pelatihan jurnalistik.

Zubair juga menambahkan kalau bisa pelatihan seperti ini akan terus belanjut kedepannya untuk mengasah kemampuan para Jurnalis desa menjadi lebih baik lagi.