HRD : Pembangunan Batu Penahan Ombak Desa Mon Jambee Harus Segera Dilaksanakan Detail

Kunjungan DPR RI ke Desa Mon Jambee

Selasa, 21 Desember 2021


Gampong  Mon Jambee. Anggota komisi V DPR RI H. Ruslan M. Daud, SE (HRD) menyampaikan bahwa pembangunan batu penahan ombak atau jetty di pantai Mon jambee harus segera di dibangun dan diselesaikan. 

Hari ini anggota DPR RI beserta rombongan mengunjungi pantai mon jambee, kunjungan ini juga diikut sertakan oleh rombongan kementerian kelautan dan perikanan, kementerian pertanian dan peternakan, Kementerian PUPR, dan anggota BPBD aceh. (21/12/2021).

Kunjungan ini adalah kunjungan kedua kalinya dari DPR RI datang ke desa mon jambee kecamatan jeumpa kabupaten bireuen, yang kunjungan pertama pada tahun 2019. Kunjungan ini juga bertujuan untuk melancarkan rencana pembangunan batu penahan ombak yang sudah di rencanakan beberapa tahun yang lalu, kemukinan pembangunan akan di laksanakan pada akhir tahun 2022 atau bisa juga awal 2023, hal ini harus dipercepat dikarenakan warga di pesisir pantai sangat gelisah dan sangat takut disaat gelombang tinggi , hal ini dikarenakan  dari 2018 sampai dengan sekarang abrasi pantai sudah mengkikis bibir pantai lebih kurang sekitar 100 meter  dan juga saat gelombang tinggi air laut masuk kedalam persawahan warga, dikarenakan sawah yang berdekatan dengan laut, tahun kemarin saat gelombang tinggi sebagian dari petani sawah disitu gagal panen karena air laut yang masuk kedalam sawah. 

"Pembangunan kita harapkan bisa berjalan di tahun depan, mengingatkan keadaan darurat terhadap warga di pesisir pantai dan juga lahan pertanian yang ada di pesisir pantai ini, " ungkap HRD di hadapan mitra kerja komisi V dan PUPR, kementerian kelautan dan pertanian, dan juga di hadapan masyarakat yang hadir di tempat tersebut. 

Politisi PKB HRD ini Juga menyatakan, dia tetap akan mendorong percepatan pembangunan batu penahan ombak di desa tersebut, begitu juga dengan yang lain juga akan diusahakan untuk mempercepat pembangunan hingga tuntas. (hh)